Sebelumnya saya telah menulis tentang 8 Cara Meningkatkan Traffic Website dan salau satunya adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO dapat dilakukan dengan On Page Optimization dan Off Page Optimization yang merupakan hal wajib dilakukan untuk melakukan Search Engine Optimization. Selain hal yang perlu diperhatikan pula adalah hal-hal lain yang JANGAN dilakukan untuk melakukan Search Engine Optimization.  Antara lain:

  1. Jangan melakukan url submission.
    didalam Search Engine. NAH! aneh bukan? ya hampir seluruh internet marketer melakukan url submission di masing-masing search engine seperti Google, Yahoo, MSN. Dan hampir setiap Search Engine menyediakan url submission tersebut namun sebenarnya mereka (search engine) hanya ingin mengetahui siapa yang ingin memanfaatkan Search Engine-nya. Jadi biarkanlah Search Engine tersebut ‘melihat’ website Anda secara alami.
  2. Jangan terlalu sering mengubah content Anda.
    melainkan berikanlah website Anda beberapa waktu untuk search engine untuk mengenali isi website Anda. Jika website Anda tidak membaik dalam peringkat pada sekitar beberapa minggu, maka itu adalah waktu yang baik untuk meninjau kembali dan memodifikasi content situs Anda. Anda mungkin dapat memeriksa tips tentang cara untuk menentukan peringkat nomor 1 di Google untuk kata kunci dari artikel tersebut selain itu juga untuk membantu Anda menilai dan melihat seberapa jauh yang telah Anda lakukan.
  3. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci di Meta Keyword.
    dengan maksud supaya Search Engine tidak menjadi ‘bingun’ apa sebenarnya yang menjadi target utama dari isi halaman website Anda. Gunakanlah 1 kata kunci perhalaman. Selain Search Engine dengan mudah mengetahui maksud Anda, juga memperkaya kata kunci-kata kunci website anda di setiap halamannya.
  4. Jangan melakukan back link yang tidak sesuai dengan website Anda.
    Search Engine mengetahui maksud Anda membuat back link, sehingga apa bila Anda meletakkan link website Anda di website lain yang tidak sesuai dengan website Anda maka Search Engine megetahui bahwa Anda semata-mata hanya untuk memanfaatkannya. Seperti misalnya website Anda yang berisi materi tentang ‘internet marketing’ tapi Anda meletakkan link Anda diwebsite lain yang berisi materi ‘ restoran makanan’.
  5. Jangan memilih kata kunci yang memiliki pesaing tinggi.
    untuk pemula disarankan untuk menguasai kata kunci yang ‘mudah’ untuk ditaklukkan seperti kata kunci yang panjang (long tail key word) karena dengan demikian akan lebih memotivasi Anda untuk melangkah selanjutanya. Anda akan membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menaklukan para pesaing Anda yang terlebih dahulu melakukan Search Engine Optimization. Cara untuk meriset pesaing Anda adalah dengan menggunakan kata ‘allintitle:(kata kunci)’ didalam Search Engine, perhatikan hasilnya. Semakin banyak website yang sejenis akan lebih besar pesaingnya.
  6. Jangan link halaman website Anda ke website lain yang sedang di ‘parking’ ataupun broken link
    karena hal ini juga dapat mengurangi kualitas website Anda. Bahkan dapat menurunkan peringkat website Anda yang telah ter rangking baik.
  7. Jangan link halaman website Anda ke website lain yang berisi content negatif
    seperti halaman yang berisi tentang Sara, Kriminal, dan apalagi berbau porno.
  8. Jangan menyembunyikan content
    Pada beberapa hal kita memanipulasi Search Engine dengan menyembunyikan content. Content dibuat dengan warna yang serupa dengan warna background sehingga pengunjung tidak dapat melihatnya. Namun sadari lah bahwa Google dan Search Engine yang lain mengetahuinya.
  9. Jangan melakukan Duplicate content.
    Dengan memasang content yang sama di satu web anda. Apalagi memasang content orang lain yang sama persis di web Anda. Itu hal yang sangat tidak di anjurkan, Hati-hati Anda dapat dituduh ‘mencuri’ karya orang lain.
  10. Jangan melakukan Black Hat SEO
    yaitu meningkatkan peringkat website kita dengan cara yang ‘tidak halal’ hal ini memang dapat meningkatkan posisi website Anda dengan cepat. Tapi sekali diketahui oleh Search Engine. Website Anda akan di BAND / diblokir selamanya tidak akan bisa muncul di Search Engine tertentu.

Apabila Anda mengikuti seperti hal-hal di atas ini niscaya, website Anda akan teroptimasi dengan baik didalam Search Engine akan tetap bertahan walaupun Google memperbaharui Algoritmanya. Jadi selamat Meningkatkan website Anda di Google 🙂