Untuk menghasilkan uang bukanlah harus memiliki IDE yang bagus, Kantor yang Besar, Teknologi yang Canggih, Produk atau Jasa yang Indah, tetapi untuk menghasilkan uang yaitu karena adanya PENAWARAN. Dengan adanya penawaran maka ada yang namanya PEMBELIAN.

Umumnya untuk memulai bisnis atau usaha, yang dipikirkan pertama-tama adalah produk/jasa yang akan digeluti, lalu untuk lebih dipercaya harus memiliki kantor yang bagus dan lokasi yang strategis, serta teknologi yang canggih untuk mendukung produksi, distribusi, maupun marketing, dan lainnya.

Semua hal itu sangatlah baik adanya, namun apabila belum adanya penawaran kepada calon pembeli maka semua hal tersebut menjadi sia-sia.

Isi dari penawaran sebaiknya memiliki nilai tambah yang berguna kepada pembeli. Ambil contoh saja, ada dua lapak dipasar menjual tempe dengan harga yang sama namun penjual yang satu pembelinya jauh lebih banyak atau lebih ramau daripada yang lain. Lalu kenapa bisa seperti demikian? Menjual produk yang sama dan harga yang sama tapi yang satu lebih ramai pembeli. Ternyata penjual tempe yang lebih ramai menawarkan produknya dengan memberikan nilai tambah kepada pembelinya berupa tips cara mengolah tempe yang nikmat untuk dinikmati, serta memberikan tambahan bumbu untuk memasaknya apabila membeli dengan jumlah tertentu.

Itulah yang dimaksud dengan adanya penawaran serta memberikan nilai tambah. Lalu bagaimana menjual produk yang biasa-biasa saja atau belum tentu dibutuhkan pembeli namun terjadi banyak penjualan.

Kembali saya memberikan contoh, Anda mungkin pernah melihat penawaran produk pisau dapur dari Jepang di televisi, yang mereka tawarkan adalah produk pisau yang hampir setiap rumah tangga memilikinya. Namun bukan hanya satu pisau dapur saja tetapi mereka memberikan nilai tambah berupa lebih dari satu lusin pisau dapur dengan kegunaan yang berbeda-beda serta buku panduan memasak makanan Jepang, tatakan untuk memotong dan masih banyak lagi dengan potongan harga yang besar, serta bisa dicicil tanpa bunga, diantar pula sampai dirumah tanpa biaya. Apa yang terjadi? Tiba-tiba ada ibu rumah yang sudah memiliki pisau dirumahnya pun membeli produk tersebut dengan alasan yang beragam dari harga yang murah, pembayaran yang mudah, hadiah yang bermafaat, dan lainnya.

Justru itu SENI dari marketing adalah “Bagaimana cara menjual produk yang biasa-biasa saja namun bermanfaat walaupun belum tentu dibutuhkan oleh pembeli”

Jadi pastikan berikan penawaran dengan nilai tambah untuk setiap produk yang Anda jual.

Semoga Bermanfaat.