ZMOT merupakan singkatan dari Zero Moment Of Truth, dimana pola strategi marketing baru dari pengambilan keputusan calon customer sebelum membeli sebuah produk.

Dahulu keputusan membeli sebuah produk dimulai dengan adanya STIMULUS, FIRST MOMENT, dan sampai dengan SECOND MOMENT OF TRUTH.

Stimulus merupakan pengenalan produk dengan strategi marketing dengan iklan melalui media, baik melalui TV, Radio, Offline Banner, dan sebagainya. Pada kondisi stimulus ini, sebuah brand/ produk meciptakan iklan yang sedemikian menarik untuk mempengaruhi calon customer mengambil keputusan untuk mengetahui produknya lebih lanjut dan sampai untuk membeli produk tersebut.

First Moment Of Truth adalah kondisi dimana Anda atau calon customer mulai mencari dan melihat produk tersebut secara langsung. Calon customer dapat ke toko atau pusat penjualan melihat dan merasakan produk ditempat tersebut. Disini akan ada pramuniaga yang berusaha mempengaruhi untuk membeli produk yang dicari.

Sedangkan Second Moment Of Truth kondisi Anda telah memiliki produk tersebut dan merasakan sendiri pengalaman dari menggunakan produk yang Anda beli.

Sejak hadirnya media internet yang mudah diakses oleh masyarakat, pola pengambilan keputusan membeli sebuah produk menjadi berubah. Yang awalnya dengan pola-pola disebutkan diatas, kini sebelum memutuskan membeli calon customer akan mencari ulasan produk tersebut melalui media internet seperti search engine, social media, berdiskusi dengan teman atau keluarga, forum komunitas, membaca review dari komentar, membandingkan satu toko online dengan yang lain, dan lain sebagainya. Atau dengan kata lain, calon customer akan melakukan riset dari pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk tersebut. Kondisi inilah yang disebut dengan ZMOT atau Zero Moment Of Truth, dimana proses pengambilan keputusan untuk membeli sebuah produk peluangnya lebih besar ditentukan disini. Sehingga polanya berubah menjadi.

STIMULUS – ZMOT – FMOT – SMOT

zmot zero moment of truth

Untuk posisi Second Moment Of Truth akan kembali mejadi ZMOT bagi calon customer lain, karena customer tersebut dapat membagikan pengalamannya kembali kepada orang lain.

Pengambilan keputusan untuk membeli produk (sebelum pergi ke toko/penjualan) atau ZMOT ini meningkat sampai 70%  [sumber : Google/Shopper Sciences, Zero Moment of Truth Study]

Mengapa ZMOT dapat meningkat? salah satunya disebabkan oleh mudahnya dan rentang waktu yang semakin bertambah dalam mengakses media internet. Lalu apakah kita perlu dan bisa membuat pola ZMOT marketing untuk produk kita? Jawabannya bila Anda ingin meningkatkan pengambilan keputusan untuk membli produk Anda, ya PERLU dan BISA dibentuk polanya. Caranya… nantikan post berikutnya ya…. Ada 8 langkah untuk mempersiapkan ZMOT supaya keputusan pembelian produk Anda semakin meningkat!